Aku si Kaleng Kecil nan Kotor

Ketika hujan turun Si Ember menengadah untuk menampung, sementara aku ”si kaleng kecil yang kotor” ikut-ikutan mewadahi air hujan yang turun. Aku tadinya digunakan sebagai wadah minyak tanah, sementara Si Ember baru saja di beli dan telah pula dicuci bersih. Tentu Si Ember akan menampung air hujan lebih banyak, lebih murni dibanding apa yang berhasil ku tampung, walau yang kami tampung air hujan yang sama, pada saat yang bersamaan dan di tempat yang bersebelahan. Walau begitu …. aku masih syukur karena aku tidak bocor.

Aku sungguh tak-tahu diri, tak-tahu diuntung dan tak-tahu malu. Terlahir dalam wadag seperti ini saja sepatutnya aku sudah bersyukur. Walaupun aku tak dapat menampung air hujan sebanyak dan semurni dia, sekurang-kurangnya aku telah dianugerahi- Nya peluang besar untuk ikut-ikutan menampung. Dan ini sepantasnyalah aku syukuri dan sikapi sebaik-baiknya.

Aku, si kaleng kotor berwajah bopeng, sungguh tak-tahu diri.

Bagi aku yang kotor ini, yang penuh kemelekatan, budak nafsu indriawi, dan hidup dalam lumpur keduniawian, tentu tak mungkin mengharapkan “pawisik” atau sejenisnya. Apa yang aku pikirkan adalah hal-hal yang kotor, terpolusi, dalam apa yang aku ucapkan (atau tuliskan) penuh dengan berbagai motif pribadi beruwujud keinginan-keinginan bagi kepentingan pribadiku, serta apa yang ku lakukan hanya digerakkan atau dimotivasi oleh berbagai keinginan-keinginan , keserakahan dan kebodohanku …. sarat egoisme.

Manalah mungkin sesuatu yang suci berani mendekat padaku, yang nista dan papa ini. Yang namanya “pawisik” tentu sesuatu yang teramat jauh dan sama-sekali mustahil bagiku. Menyebutnya saja, aku sebetulnya malu….dan aku rasa memang aku seharusnya malu, tapi kepongahanku telah meniadakannya.

Ditulis di Denpasar, 20 Pebruari 2001 oleh Bpk Ngurah Agung.

Leave a Reply

