ILUSI KETIDAKTAHUAN

Cerita 1
Seseorang sedang jengkel kepada temannya yang suka menjelek-jelekkan keyakinannya, dan kemudian ia mengadu kepada gurunya. Sang guru kemudian bertanya tentang temannya tersebut:
“Apakah dia mempunyai pemahaman yang benar tentang keyakinanmu? ”


“Tidak guru, saya kira dia hanya mendapat informasi sepotong-sepotong. ”
“Apakah dia mempunyai penguasaan yang benar tentang spiritualisme? ”
“Tidak guru, saya kira dia hanya menggunakan logika awam saja.”
“Apakah dia memakai perspektif yang benar dalam mengemukakan idenya?”
“Tidak guru, saya kira dia dalam perasaan kebencian dan ketakutan tehadap keyakinanku yang berbeda dengan keyakinannya. ”
Sang guru kemudian menjawab, “lalu, apa masalahmu?”

Cerita 2
Setelah beberapa hari kemudian, sang murid bertemu dengan gurunya lagi. Ia masih mengadu tentang kelakuan temannya yang suka menjelek-jelekkan keyakinannya padahal masalahnya adalah justru karena ketidaktahuan temannya tersebut akan keyakinannya. Guru tersebut hanya menjawab:
“Apakah dia teman baikmu?”
“Ya guru, dia teman baik saya sejak kecil.”
“bagaimana menurut pendapatmu bila badanmu diludahi, dikencingi, dan bahkan diberaki seseorang?”
“Guru, saya akan membalasnya dengan balasan yang setimpal.”
“Bagaimana bila dia yang melakukannya adalah bayimu yang kau cintai yang baru berusia 3 bulan?”
“Ah, itu lain guru. Saya masih bisa memahaminya dan memaafkannya”
Sang guru kemudian menjawab, “Dan mengapa kamu tidak memahami dan memaafkan temanmu yang masih ‘bayi’ itu?”
 

Cerita 3
Beberapa hari kemudian sang guru bertemu dengan sang murid, sang murid kelihatan gembira dan berkata:
“Guru, aku tadi malam merenungkan kata-kata guru, dan aku menertawakan diriku sendiri setelah mengetahui kebodohanku dalam menanggapi perlaku bodoh temanku.”
Sang guru kemudian bercanda, “Sebenarnya, hanya orang yang dapat menemukan, membaca, memahami, dan menghidupi kitab hidup dalam dirinya sendiri sajalah yang boleh menertawakan dirinya sendiri.”
Keduanya kemudian tertawa terbahak-bahak.

(sumber: Milis BeCeKa)

Leave a Reply

